Youtube dan Vimeo Support HTML5


html5Era html5 sepertinya sudah dimulai, situs raksasa video streaming youtube dan vimeo kini telah memperkenalkan  video player dengan menggunakan html5.
Jika sebelumnya untuk memutar video di youtube anda memerlukan software tambahan flash player, maka sekarang dan kedepannya tidak perlu lagi karena sudah banyak video yang telah support html5.
Beberapa keunggulan video yang telah support html5 :
  • Load video lebih cepat.
  • Dapat berpindah dari satu video ke video yang lain tanpa memerlukan buffering.
  • Lebih halus dalam playback.
Namun, video youtube yang telah support html5 ada pula keterbatasannya yaitu :
  • Tidak support video dengan iklan.
  • Tidak support fullscreen.
Ini tentunya dalam tahap awal dan masih dalam masa percobaan, untuk mengaktifkan video yang support html5 di youtube silakan kunjungi halaman ini, lalu anda harus klik tulisan “Join the HTML5 Beta” untuk mengaktifkannya, lalu silahkan coba play beberapa video untuk merasakan asyiknya menggunakan html5. Namun, saat ini belum semua browser telah suppot html5, dan browser yang telah support adalah Google Chrome, Safari ( versi 4 keatas) serta Microsoft Internet Explorer dengan Chrome Frame.
Sedangkan untuk vimeo, dalam blognya mereka mengatakan untuk mengaktifkan html5, anda harus menggunakan browser yang telah support html5 seperti yang telah disebutkan diatas, lalu klik  “Switch to HTML5 player” dibawah video yang sedang di putar.
Selamat datang html5!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Bertambah, Perubahan Iklim Sebabkan Kanker

Pendiri WikiLeaks Siap Jadi Senat Australia